Bahasa Dalam Sekolah Bahasa

Berdasarkan pemakaiannya Bahasa dapat dibedakan atas bahasa resmi dan tidak resmi. Yang dimaksud dengan bahasa resmi ialah bahasa yang digunakan dalam situasi resmi, misalnya pidato kenegaraan, bahasa yang digunakan dalam Undang-undang, peraturan-peraturan pemerintah, pertemuan-pertemuan kenegaraan, ceramah ilmiah, diskusi, proses pembelajaran , buku-buku ilmiah, journal-journal ilmiah, buku-buku ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Selain itu pengertian bahasa resmi adalah bahasa yang taat pada kaidah bahasa baku(standar). Kaidah-kaidah bahasa baku adalah penggunaan bahasa Indonesia yang tepat dalam pengucapan, penggunaan intonasi, pemilihan kata dan penggunaan kalimat.

Sedangkan bahasa tidak resmi adalah bahasa yang digunakan dalam situasi tidak resmi, misalnya, obrolan; ditempat umum, di luar ruang belajar, di jalan, di terminal-terminal dan di tempat-tempat yang tidak dalam situasi resmi. Wujud dari bahasa tidak resmi, yaitu bahasa yang dipengaruhi oleh pengaruh bahasa daerah dan bahasa setempat

Seorang Instruktur atau pengajar harus menggunakan bahasa resmi dalam menyampaikan materi pelajaran sebab yang bersangkutan melakukan tugasnya dalam situasi resmi yaitu di suatu lembaga pendidikan . Oleh karena itu suatu lembaga pendidikan khususnya lembaga bahasa yang dianggap sebagai pusat pendidikan dan pelatihan bahasa merupakan ujung tombak pembinaan dan pengembangan bahasa. Sehingga dalam pelaksanaannya seorang instruktur dalam menyampaikan materi harus mampu menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga hasil dari pendidikan yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan awal pelaksanaan pendidikan bahasa tersebut.

Advertisements

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s