Penggunaan Bahasa Bagi Seorang Instruktur

Dalam suatu pelatihan seorang instruktur harus mampu menyampaikan materi pelatihan dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Bahasa yang jelas dan mudah dipahami itu bukan saja menggunakan kata-kata yang baku tetapi susunan kalimatnya harus efektif, pilihan katanya harus tepat dan ucapannya harus jelas.

Suatu kegiatan yang terjadi selama proses pelatihan adalah kegiatah berbahasa lisan, maksudnya seorang instruktur bukan hanya sekedar menguasai materi yang disampaikan, tetapi juga harus mampu menggunakan bahasa lisan yang tepat, akurat dan efektif.

Untuk menjadi seorang instruktur/pengajar yang baik ada unsur-unsur bahasa yang perlu diperhatikan. Unsur kebahasaan tersebut menyangkut: masalah penggunaan bahasa itu sendiri, misalnya; pengucapan, tekanan, nada, tempo, dan pilihan kata.

Ketepatan dan keakuratan ucapan seorang instruktur/pengajar sangat diperlukan di dalam proses pembelajaran di kelas. Seorang instruktur yang baik harus membiasakan diri mengucapakan bunyi-bunyi ucapan, kata-kata yang tepat, sebab penggunaan bunyi-bunyi bahasa yang tepat mempermudah penangkapan isi pembicaraan oleh siswa. Bahasa yang digunakan oleh instruktur akan ditiru dan diikuti oleh para siswa dalam proses belajar mengajar dikelas dan selanjutnya akan dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

Unsur kebahasaan yang kedua yaitu ; tekanan, nada dan tempo. Penggunaan unsur bahasa tersebut dalam suatu pembicaraan akan lebih berkesan dan menarik, sehingga materi yang disajikan akan menjadi perhatian para pendengarnya. Sebaliknya pembicaraan yang tidak memanfaatkan tekanan nada, tempo akan menimbulkan kejemuan, karena suara menjadi datar dan monoton.

Pemilihan kata digunakan dalam suatu pembicaraan terdiri dari kata-kata yang disusun sesuai dengan fungsinya. Pemilihan kata yang tepat dalam suatu pembicaraan akan mempermudah lawan bicara atau anak didik untuk lebih mudah memahami dan mengerti penjelasan-penjelasan yang diberikan dalam suatu pembicaraan oleh lawan bicara.

Advertisements

1 Comment

  1. Saya suka sekali membaca artikel ini, dan tentu saja dapat menambah wawasan saya tentang bahasa sebagai alat komunikasi. Kalau boleh saya saran, alangkah baiknya kalau website ini juga menyajikan penggunaan akronim/singkatan dan cara pembentukannya.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s