Indonesia-Rusia Sepakat Tingkatkan Kerjasama Teknik Militer

20/08/08 17:32

Jakarta, (ANTARA News) – Pemerintah Indonesia dan Rusia sepakat untuk meningkatkan kerjasama teknik militer dilandasi saling pengertian dan pemahaman yang sejalan.

Demikian pernyataan bersama Sekjen Dephan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin dan perwakilan pemerintah Rusia Vyacheslav K. Dzirklan saat pembukaan Sidang Komisi IV Bidang Kerja Sama Teknik Militer RI-Rusia di Jakarta, Rabu.

“Kerjasama RI dan Rusia terutama dalam bidang teknik militer telah berjalan baik,” kata Sekjen Dephan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin.

Pada 2006 kedua delegasi telah melakukan pertemuan kedua dan sekaligus penandatanganan nota kesepahaman tentang bantuan dalam pelaksanaan program kerja sama teknik militer.

Dalam nota kesepahaman tersebut disusun rancangan tentang kebutuhan alutsista dan pendukungnya yang diperoleh dari Rusia dengan fasilitas kredit negara (state credit).

Ia mengakui, masih ada hal-hal teknis yang memerlukan kesepakatan bersama dalam kaitan pengadaan peralatan militer dari Rusia.

“Bagaimana pun, fasilitas `state credit` dari Rusia diyakini akan memberikan manfaat dalam rangka mendukung kebutuhan peralatan militer Indonesia,” ujarnya.

Ia menegaskan, yang perlu dijadikan pedoman bagi kedua delegasi adalah pihak Dephan Indonesia tetap mengutamakan fasilitas `state credit` dari Rusia sebagai basis dalam pengadaan peralatan militer.

Secara umum, RI berharap kedua delegasi dapat secara bersama-sama berdiskusi hingga tercapai pemahaman yang sama dalam peningkatan kerja sama kedua negara di bidang teknik militer.

“Sehingga, kerjasama yang dibangun akan memberikan manfaat yang besar dalam hubungan persahabatan antara Indonesia dengan Rusia,” katanya.

Sementara itu, Ketua Delegasi Rusia Vyacheslav K. Dzirklan mengatakan, pemerintah Rusia sangat berkeinginan untuk meningkatkan kerja sama yang lebih erat dengan pemerintah Indonesia dalam segala bidang termasuk kerja sama dalam bidang teknik militer.

Menurutnya, pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan secara rutin memungkinkan hubungan antara kedua negara di dalam segala bidang termasuk konteks politik dan militer menjadi lebih baik.

Vyacheslav K. Dzirklan berharap, kedua pihak dapat menemukan pengertian dan kesepahaman yang sama sehingga kerjasama yang baik antara pemerintah Indonesia dan Rusia dapat terus berlanjut.(*)

COPYRIGHT © 2008

Advertisements

3 Comments

  1. it makes balance for indonesia in anticipating US policy

  2. kerjasama ini mudah2an berjalan dengan lancar… sehingga selain bantuan dalam bentuk militer, akan berkembang jg ke bentuk pendidikan. Sehingga yang ingin melanjutkan studi di Rusia terutama para instruktur bahasa Rusia, menjadi lbh mudah. Amin……

  3. Hallo Emma, thank a lot for your comment and visit to my blog. I am happy to know you and regarding to this news that’s will give multiplier effect to pusdiklat bahasa, isn’t it? particularly our instructor. good luck ……..

    erko


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s